[Jajan] Warung Arek2 1927: Buat yang Kangen Makanan Surabaya

Lagi-lagi artikel jajan. Ya mau gimana lagi dong? Kalau nanti nulis soal politik, takut saya (padahal sih nggak ngerti sama sekali), terus kalau salah nanti di-bully di media sosial. Oh tidak. Itu adalah salah satu yang saya takutkan dalam hidup. Untuk ketiga kali berturut-turut, saya mengunggah artikel kuliner. Soalnya, materi kuliner masih banyak tapi malas nulis di blog. Ya biasa lah, pekerjaan saya itu banyak, lebih banyak dari presiden loh. Hehehe. Bohong banget!

Oks. Artikel kali ini saya dedikasikan untuk orang Surabaya yang merantau atau penggemar kuliner Surabaya yang tinggal di kota metropolitan. Karena saya akan menulis warung yang menjual makanan khas Surabaya yang ada di daerah Depok, Jawa Barat, dan Jakarta.

Warung Arek-Arek 1927 Cak More adalah warung kaki lima yang menjual makanan khas Surabaya. Saya dan suami menemukan warung ini secara random. Nggak disengaja. Pas melintasi Jalan Margonda, pas lihat warung pinggir jalan ini.

Tempat
Lokasi warung gampang dicari, tapi karena letaknya agak ke dalam jadi banyak orang yang nggak ngeh. Warung yang menempati halaman bengkel (bengkel buka siang, warung buka malam, jadi jangan takut makan tahu tek pakai oil motor ya…) ini persis dekat toko sepatu Donatello. Sederatan dengan Hotel Bumi Wiyata, Toffee Coffee, dan Nyonya Rasa lah. Karena ini warung kaki lima, jadi jangan membayangkan tempat ber-AC dan kursi empuk ya.

Mereka hanya mengandalkan meja besar untuk meracik makanan, meja kayu panjang, kursi plastik, kudapan kerupuk di meja (itu dijual loh, bukan gratis), beberapa banner sebagai pembatas jalan dan warung, dan lainnya lah. Sampah plastik di lantai sih ada, tapi nggak gitu ganggu kok.

Menu
Menunya pasti makanan Surabaya lah ya. Mereka cuma menyediakan rujak cingur, tahu campur, tahu telor, dan tahu tek. Kalau minumannya standar, seperti warung pada umumnya. Kami memesan rujak cingur, tahu tek, tahu campur, dan dua es teh tawar.

Rasa
Semua rasa makanan di sini gurih cenderung manis. Kalau minta pedas bisa, tapi menurut saya kok nggak begitu pedas ya? Meski demikian, dominasi rasa petis -salah satu bahan dasar menu- terasa. Buat rujak cingur, sayurannya cukup komplit dan cingurnya empuk. Emang ada cingur alot? Tahu tek juga enak, sayang kecambah dan tahunya sedikit. Paling sebel kalau tahunya sangat berminyak. Jadi tahu dari penggorengan, diangkat, terus langsung dipotong-potong di piring. Hadeh mangan tahu isih kopoh-kopoh minyak to iki.

Waktu kami ke sini untuk kedua kalinya, kondisi warung ramai sekali. Jadi waktu pesan tahu campur, porsinya clamitan. Mosok tahu campur saya nggak ada lontong dan nggak pedas sama sekali. Parah. Diusahakan kalau pesan di sini harus jelas dan perhatikan pesanan sebelum menyantapnya. Karena chef-nya (ceilaahh chef…) tipikal anak muda yang kurang bisa fokus & agak mbingungi gitu loh, sis. Namanya juga arek-arek kali ya.

Harga
Sangat bersahabat, makanan mulai Rp 11 ribu – Rp 15 ribu. Minuman Rp 1.000 – Rp 5.000.

Kembali lagi
Meski pernah dikecewakan, saya tetap mau ke sini lagi kok. Tapi pesanannya agak bawel. :))

Warung lain yang menjual kuliner Surabaya
1. Tahu campur di Jl. Ragunan. Ini daerah Jatipadang, dari arah Warung Buncit, warung sederetan dengan SMAN 28 Jakarta, seberang Circle Karang Pola.
2. Tahu campur Pak Joko, Jl. Sultan Iskandar Muda atau arteri Pondok Indah. Dari arah Jl. Panjang, setelah pastel Mak Cik, sebelum traffic light Kostrad.
3. Tahu campur Ojo Lali di Jl. Prof. Dr. Saharjo. Dari arah Manggarai, setelah McDonalds Tebet.
4. Tahu cmapur di Jl. Fatmawati (depan rumah sakit). Katanya di sini ada lontong balap dan lontong kupang loh.

Cuma itu yang saya tahu. Kalau Anda punya referensi lain, tolong tulis di kolom komentar ya. Supaya kita bisa berbagi info kuliner daerah. Yang kangen tahu campur dkk. bisa melipir ke warung di atas.


Comments

  1. Nanski Joewono
    June 17, 2016 - 02:56

    Iya pak. Waktu saya ke rumah saudara di Surabaya, penjual tahu tek selalu datang malam2 gitu.

  2. Nanski Joewono
    June 23, 2016 - 03:17

    Aduuhh, baca lagi dong, Nick. Paling bawah itu ada rekomendasi warung tahu campur di Jakarta, loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>