Natural Bread Recipe by Wied Harry

nanski joewono

Hasil karya peserta kelas Natural Bread by Wied Harry. Semua roti tersebut less gluten, less sugar, no egss, dan menggunakan bahan alami seperti wortel dan kentang.

Hidup sehat itu bertahap, tidak langsung (gaya hidup) berubah semuanya ~ Wied Harry

Nama Wied Harry pasti tak asing di telinga buat penggemar kuliner Nusantara. Pria lulusan IPB ini jago mengenai kuliner, mulai dari pangan lokal, mengolah makanan, bahan natural dan/atau organik, food styling, praktisi food combining, manajemen pangan, apa lagi keahliannya? Ahh, banyak sekali. Yang pasti, asik banget kalau bisa “berguru” dengan pak Wied.

Pada Sabtu (12/03/2016) lalu, saya berkesempatan belajar dengan pak Wied di rumahnya, di daerah Bogor, Jawa Barat. Di sana, saya belajar soal membuat Natural Bread dan seluk-beluk bahan baku yang kita konsumsi sehari-hari. Mengapa harus natural bread?

Jadi begini, seperti kita tahu, di luar sana tak sedikit beredar roti berbahan baku tidak/kurang sehat. Untuk tetap menikmati roti dengan bahan baku berkualitas dan harga terjangkau, sebaiknya mengonsumsi roti vegan. Kalau roti vegan dirasa masih kurang mengundang selera — meskipun sehat, kita bisa mengurangi bahan lain atau membuat natural bread dengan perbandingan bahan natural versus semi natural itu 60% : 40%. Selanjutnya penggunaan bahan natural bisa ditingkatkan lebih banyak lagi.

Itulah alasan mengapa pak Wied mengatakan, kalau ingin sehat bertahap. Jangan berpikir, ingin sehat lalu semua bahan makanan diganti berbau natural saat itu juga. Padahal jiwa dan raga belum siap. Just step by step and enjoy your process.

nanski joewono

Bahan-bahan Cinnamon Rolls yang sederhana dan hasilnya enak.

nanski joewono

Seorang teman saya dari Salatiga sedang menguleni adonan. Teknik menguleni itu seperti mengucek baju.

Ia memberikan materi dan praktik resep cinnamon rolls, roti sobek, table pizza, vegan milk loaf, tempe buns, blue vegan milk loaf filled ubi ungu, hingga roti lipat isi kacang merah. Saya dan seorang bertugas membuat Cinnamon Rolls. Semua resep pak Wied tersebut less gluten, less sugar, no eggs, menggunakan tepung BKM (tepung beras, kanji/sagu, dan maizena), plus bahan-bahan natural seperti wortel dan kentang.

nanski joewono

Natural Bread hasil tangan peserta cukup menggembirakan. Pak Wied senang dan peserta kenyang. Yippie!

Menurut pak Wied, mengolah natural bread tak cukup memperhatikan resep. Tetapi dibutuhkan feeling soal mencampur bahan baku, karena bahan-bahan natural sensitif terhadap air termasuk sayur atau buah dengan kandungan air cukup tinggi. Ia juga memberikan tips seandainya adonan terlalu lembek, cara membuat ragi alami cair dan padat.

Proses belajar natural bread ini sangat mengesankan. Pak Wied sangat informatif dan bermanfaat. Ya, seperti mendengarkan kamus berjalan. Matur nuwun, pak.


Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>