[Resep] Minuman Asam Jahe: Bikin Mata Merem Melek

Karena materi soal kuliner masih banyak, jadi artikel (lagi-lagi) masih mengenai memanjakan lidah dan perut khususnya soal minuman. Tapi kali ini tidak sepenuhnya memanjakan. Buat sebagian orang, minuman ini membuat seseorang mengernyitkan dahi, menjulurkan lidah, dan berteriak. Ini minuman apaan sih? Lama-lama ngaco ya, sis?

Minuman Asam Jahe. Pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman itu kan? Asam jahe merupakan salah satu minuman tradisional warisan leluhur. Saya mendapatkan resep plus minuman tersebut dari pak Wied Harry. Jadi ceritanya, pak Wied sering menggelar Pasar Ciheuleut 8-11 setiap Sabtu (sebelum puasa). Nah, setiap ada pasar, pak Wied mengadakan mini workshop. Waktu saya ke sana, workshop-nya membuat minuman asam jahe mentah atau bahasa kerennya Raw Tamarind Ginger Drink.

Kata pak Wied minuman ini bisa meringankan tubuh kita kala terserang demam. Karena minuman memberikan kehangatan tersendiri. Ceilaahh, kehangatan. Katanya juga, asam jahe bisa buat diet, tapi bisa sebaliknya: menambah nafsu makan! Menurut detikHealth, jahe bermanfaat bagi kesehatan, seperti pereda nyeri sendi, pegal, dan nyeri haid, menurunkan gula darah dan ganguan pencernaan, mengontrol kolesterol, mengatasi infeksi, hingga mencegah Alzheimer loh. Sedangkan asam Jawa mampu meredakan nyeri haid, sariawan, dan bisul berdasarkan Nova.

Resep minuman asam jahe dari pak Wied enak banget! Ya, seperti permen Nano Nano lah. Masih ada kan permen itu? Hehehe. Saya nggak ingat berapa takarannya, yang pasti porsi asam Jawa lebih banyak, disusul gula merah/gula Jawa, satu-dua ruas jahe gitu deh, dan air mineral sekitar 700 mililiter-satu liter. Semua bahan diblender, lalu disaring. Kalau ada sisa asam yang ikut, nggak masalah kok kalau ikut terminum.

Minuman ini akan lebih enak kalau diminum dingin atau ditambah es batu. Jadi kita akan mencecap asam, manis, agak sedikit pedas, tetapi bikin mata melek. Enak.

Sampai di rumah saya praktek resep tersebut. Karena blender masih rusak, jadi saya bikin asam jahe matang. Jadi asam Jawa lima bungkus (beli di ibu sayur yang lewat depan rumah), jahe beberapa ruas diparut, satu blok gula Jawa, dan 1,1 liter air mineral. Semua bahan direbus sampai matang, lalu disaring. Hasilnya, minuman asam jahe yang saya buat cenderung pedas dan asam, karena overdosis bahan. Hahaha. Tapi masih bisa dinikmati kok, apalagi dalam kondisi dingin + ditambah air mineral. Kalau pun ingin diminum hangat juga bisa kok.

Agar terlihat fancy, asam jahe disimpan dalam botol kaca dengan clamp stopper. Lalu simpan di kulkas. Dijamin, sekali teguk bisa bikin mata merem melek.

Kalau saya saja bisa membuatnya, berarti Anda juga bisa. Yuk bikin ibu-ibu, bapak-bapak, dan kakak-kakak. Lebih baik bikin sendiri loh, daripada beli? Beli itu mahal, kandungan gula banyak, belum lagi muatan pengawetnya. Mau seperti itu?


Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>