[Review] Exodus: Gods and Kings

Exodus 4

Jangan lewatkan film terbaru Christian Bale di akhir 2014. Exodus: Gods and Kings.

Akting Bale tak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Total. Menurut Bale, berperan sebagai Musa/Moses menguras fisik dan psikis, sangat berat dibandingkan ia harus menaikkan berat badan dalam American Hustle atau menurunkannya di The Machinist. Bahkan komentar Bale tentang Moses adalah lelaki barbar ada benarnya. Tentu saja hal ini mengundang protes dan kritik pedas dari kelompok agama tertentu.

Bagi orang yang selalu mengaitkan agama dan logika, film ini bisa jadi rujukan. Pasalnya, cerita Moses yang kita dengar dari guru agama – berdasarkan kitab suci – jika dipikir tak bisa diterima logika. Tapi Ridley Scott menggambarkan bagaimana Moses ‘tawar menawar’ nasib dengan Tuhan, perginya kaum Yahudi ke tanah terjanji, peristiwa terbelahnya lautan, sampai ditatahnya 10 perintah Tuhan.

Di sini, kita juga akan melihat anak Firaun/Pharaoh, Ramses (Joel Edgerton) – yang dikatakan guru agama sebagai pemimpin sangat kejam – tak berdaya! Nah kan… Coba bayangkan Ramses frustrasi gara-gara harus menerima kejadian demi kejadian aneh… Sementara itu, Moses tampil seperti orang kejam dan barbar.

Kalau mau menonton Exodus: Gods and Kings silakan saja. Kita nggak bakal menyesel karena efek filmnya juga keren.


Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>