Tom Hardy: Antara Locke, Legend, dan The Revenant

Tom Hardy/mashable.com

Tom Hardy saat menghadiri premiere film The Revenant.

Sudah sebulan lebih, saya melupakan blog tercinta ini. Sebenarnya, saya nggak sibuk banget, tetapi selalu ada saja sandungan setiap kali ingin nge-blog. Paling mentok, saya mengisi laman Tumblr. Silakan kalau ingin buka akun Tumblr saya.

Well, kali ini saya ingin nge-blog soal film. Jangan mengharapkan tulisan ini seperti kritik film loh, jauh. Jauh dari harapan. Ini cuma tulisan iseng dari penggemar film, terutama film yang dibintangi aktor ganteng bin karismatik seperti Tom Hardy. Yup, sejak membintangi Inception (2010), nama Tom Hardy melambung tinggi. Apalagi setelah muncul dalam trilogi Batman, The Dark Knight Rises, Tom seperti roket. Padahal sebelumnya, ia sudah kerap muncul di serial televisi di UK dan US.

Karena aktingnya yang mengintimidasi, saya iseng ingin menulis tentang British actor ini. Saya menyoritu film Legend (2015), The Revenant (2015), dan Locke (2013). Siapa yang sudah nonton ketiganya? Film tersebut sangat luar biasa, bukan hanya Tom tetapi parapemain, naskah, sutradara, dan tentu saja kerja keras kru di belakang layar.

Legend/theguardian.com

Tom memainkan dua karakter sekaligus dalam Legend. Dua karakter bertolak belakang, tetapi keduanya sama kejamnya.

Legend
Legend adalah film berdasarkan kisah nyata ketua gangster bersaudara Ronald dan Reggie Kray (Tom Hardy). Di sini, Tom memerankan dua karakter sekaligus! Ronald (kakak), si pemarah, homoseksual, dan bipolar. Reggie (adik), si kejam, terkadang bijaksana, dan jago berkelahi. Jadi bisa dibayangkan, Tom memerankan dua karakter bertolak belakang dalam satu film. Akting Tom kece badai dan natural. Padahal gaya dan penampilan mereka pun cukup jauh berbeda, mulai dari mimik muda sampai suara, meski keduanya berpenampilan klimis. Sehingga karakter Ronald dan Reggie sangat kuat dan mengintimidasi di film ini. Mungkin Tom sudah total akting, tetapi ada saja kekurangan – menurut kritikus film atau penulis buku Kray bersaudara.

The Revenant/dailymail.co.uk/20th Century Fox

John Fitzgerald tengah berjaga-jaga, jika ada serangan dari suku Indian.

The Revenant
Pasti kita semua tahu, aktor utama The Revenant adalah  Leonardo DiCaprio (Hugh Glass). Ia berseteru dengan John Fitzgerald (Tom). Sekuat tenaga Fitzgerald ingin mengalahkan bahkan sangat berambisi membunuh Glass. Ia iri dengan skill dan kecerdasan Glass, karena Glass adalah penunjuk dan pembuhu hebat di kelompoknya. Nah, di sini akting Tom mengintimidasi lawannya. Tom seperti orang brutal, kejam, keji terhadap lawannya, tetapi juga pengecut, terlepas dalam kehidupan sehari-harinya seperti atau tidak ya. Kualitas aktingnya pantas diacungi jempol, nggak kalah dari Leo.

Locke/dailystar.co.uk

Ivan Locke kalut. Ia harus menyelesaikan persoalan rumah tangga dan keluarga sirih, serta masalah kantor.

Locke
Sebelum berperan sebagai duo ganster kejam, Tom bermain sebagai Ivan Locke dalam Locke. Ia merupakan manager konstruksi di sebuah proyek. Mungkin biaya produksi film sangat murah meriah. Bagaimana nggak murah, kalau syutingnya cuma di dalam mobil? Sebagai seorang ayah dan manager, Ia harus mengontrol segala urusan berjalan lancar. Emosi naik turun pun terlihat jelas dari mimik dan suaranya. Apalagi ketika ia jujur kepada istri, kalau dirinya menghamili mantan pegawai, dan pegawai itu sebentar lagi melahirkan! Jeder! Saya yang lihat saya geregetan – ingin gigit manja Tom. Persoalan semakin rumit, saat teman kerjanya nggak bisa diandalkan, bos marah-marah karena material perusahaan terhalang kebijakan pemerintah, jadi mau nggak mau, Ia harus menghubungi pejabat pemda (pemerintah daerah) malam hari. Stres lah si Ivan. Pokoknya, selama film berlangsung, Ivan cuma ngomong di telepon (wireless di mobil) sambil nyetir. Tetapi dialog, pencahayaan, emosi, semua tersaji apik, mulus, tanpa dialog dalam hati ala sinetron Indonesia.

Menurut saya sih, Tom adalah salah satu aktor Hollywood yang memiliki masa depan cerah. Oscar mudah ia dapatkan, dibanding Leo. Tom, sesekali main film komedi lah bareng Melissa McCartney, Zac Efron, atau Jennifer Aniston.


Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>